Perkuat Layanan, KCIC Hadirkan Skema Tarif Hemat

Nasional45 Dilihat



RM.id  Rakyat Merdeka – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat peningkatan signifikan jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh sepanjang semester pertama tahun 2025. 

Hingga akhir Juni 2025, total sebanyak 2.936.599 penumpang telah dilayani, meningkat sekitar 10% dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 2.668.894 penumpang.

Pada semester pertama tahun ini diwarnai banyak momen libur panjang, termasuk libur Idul Fitri, yang turut mendorong lonjakan penumpang harian. Rata-rata penumpang pada momen-momen ini mencapai 24.000 hingga 25.000 penumpang per hari.

Baca juga : 15 Bus Layani Transjabodetabek Bekasi-Dukuh Atas, Tarif Hemat Rp 2000

Puncaknya terjadi pada 27 Juni, saat KCIC mencatat rekor 26.770 penumpang dalam satu hari, bertepatan dengan libur Tahun Baru Islam dan libur sekolah.

General Manager Corporate Secretary KCIC,  Eva Chairunisa menyampaikan, bahwa peningkatan ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh terhadap layanan Whoosh sebagai moda transportasi pilihan utama di koridor Jakarta–Bandung.

“Salah satu faktor utama peningkatan adalah Inovasi Skema Tarif dan penambahan jumlah perjalanan Whoosh dari sebelumnya 48 menjadi 62 perjalanan per hari. Dengan frekuensi keberangkatan setiap 30 menit sekali, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dilayani,” ujar Eva dalam keterangannya Kamis (3/7/2025).

Baca juga : Perkuat Hubungan, RI Dan Saudi Bentuk Dewan Koordinasi Tertinggi

Pada 2025, Stasiun Karawang juga telah beroperasi penuh untuk naik-turun penumpang, dengan rata-rata melayani 1.000 hingga 2.000 penumpang per hari. Kehadiran stasiun ini memperluas jangkauan layanan Whoosh dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Dari sisi pentarifan, skema baru kartu berlangganan Whoosh juga diperkenalkan dengan tarif hemat, hanya Rp200.000 per perjalanan, atau lebih murah 43% dari harga normal, untuk relasi Jakarta–Bandung maupun sebaliknya.

READ  Siti Nurbaya Pimpin Tanam 200 Bibit Pohon Bersama DPD NasDem Salatiga

Selain itu, dari sisi layanan, KCIC juga menerbitkan kebijakan reschedule tiket hingga 15 menit setelah jadwal keberangkatan tanpa potongan biaya, memberikan keleluasaan lebih bagi penumpang.

Baca juga : Terkoneksi Dengan Smartphone, Yamaha Hadirkan Seri Gear Ultima

KCIC juga terus meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang melalui penambahan berbagai layanan baru di semester ini, mulai dari pembukaan toko official merchandise Whoosh, kehadiran tenant kuliner dan retail baru, integrasi moda lanjutan, peningkatan kapasitas parkir, hingga penyempurnaan fasilitas stasiun demi kenyamanan penumpang saat menunggu keberangkatan.

“Capaian ini menjadi bukti nyata kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap Whoosh. KCIC akan terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik demi memberikan pengalaman perjalanan yang cepat, aman, dan nyaman bagi seluruh penumpang,” tutup Eva.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *