Cove Luncurkan #dreamkostIRL, Atasi Kekhawatiran Gen Z Saat Hendak Memulai Nge-Kost

Infrastruktur6 Dilihat

Jakarta, propertyandthecity.com – Memahami tantangan dan kekhawatiran yang ditemui Gen Z ketika mencari hunian ideal dalam perantauan, Cove, perusahaan teknologi properti (Proptech) yang mengusung konsep “flexible co-living”, meluncurkan kampanye spesial bertajuk #dreamkostIRL.

Melalui kampanye yang akan berlangsung pada 13 Juni hingga 13 Juli 2025 ini, Cove akan mewujudkan dream kost IRL (in real life) atau kost impian menjadi kenyataan bagi para Gen Z yang hendak memulai perantauan dengan berbagai penawaran spesial seperti diskon sewa kost, acara komunitas, dan grand prize menarik dari merek-merek terkemuka.

“Dalam transisi menuju hidup sebagai orang dewasa, seringkali Gen Z dihadapkan dengan tuntutan untuk merantau, baik karena lokasi universitas maupun tempat mereka memulai karir profesional. Hunian seperti kost menjadi bagian integral dalam transisi ini, sebagaimana lebih dari 85 persen dari penghuni Cove menyatakan bahwa alasan mereka tinggal di kostadalah untuk keperluan berkuliah maupun bekerja,” ujar Dian Paskalis, Country Director of Growth and Regional VP of Online Marketing, Cove.

Lebih lanjut Dian mengatakan bahwa dengan itu “Cove menghadirkan kampanye #dreamkostIRL untuk mendukung para Gen Z yang hendak memulai hidup perantauan mereka, menyakinkan bahwa hidup mandiri sebagai anak kost tetap bisa terasa nyaman, aman, dan penuh keseruan”.

Di pertengahan tahun 2025 ini dapat diperkirakan bahwa akan semakin banyak Gen Z yang  memulai hidup dalam perantauan, terutama dengan lebih dari 280.000 calon mahasiswa yang lolos SNBT dan peningkatan angkatan kerja sebesar 3,67 juta orang per Februari ini.

Dalam perantauan, salah satu bentuk hunian yang menjadi pilihan adalah kost, membawa semangat baru baik ketika akan mendekor kamar, bertemu orang-orang baru, dan memulai hidup mandiri.

Namun di balik optimisme tersebut, survei terbaru Cove mengidentifikasi adanya sejumlah preferensi dan kekhawatiran Gen Z dalam mencari kost.

READ  Tantangan Pengembangan Kawasan Berkontur Beragam Potensi

Baca Juga: Tawarkan Proyek Tol Rp87 Triliun, AHY Rayu Investor di Forum Infrastruktur

Jarak, fasilitas, dan harga kost menjadi prioritas utama Gen Z

Menurut survei internal yang dilakukan Cove pada tahun 2025, hampir 40 persen dari penghuni Cove saat ini merupakan Gen Z, generasi yang tengah menempuh pendidikan tingkat tinggi atau dalam tahap awal karir profesional mereka. Mereka mayoritas memutuskan tinggal di kost karena alasan pekerjaan (62 persen), diikuti oleh kebutuhan akomodasi mahasiswa (30 persen). Mereka juga mayoritas berasal dari Jabodetabek, serta kota-kota lain di Jawa dan Sumatera.

Dalam mencari kost, 55 persen Gen Z menjadikan fasilitas serta jarak kost sebagai pertimbangan utama. Mereka mencari kost dengan bujet sebesar Rp2 juta hingga Rp5 juta, dengan preferensi utama kost di daerah Jakarta Selatan (34 persen), Jakarta Barat (19 persen), dan Jakarta Pusat (18 persen).

Namun, terdapat tiga kesulitan utama yang dihadapi Gen Z ketika mencari kost yaitu lokasi yang kurang strategis, fasilitas yang kurang lengkap, serta harga kamar yang tidak sesuai bujet.

Gen Z, ini waktunya kamu mewujudkan #dreamkostIRL!

Dalam menjawab kekhawatiran para Gen Z terkait hunian ketika hendak hidup mandiri, Cove menghadirkan berbagai penawaran khusus untuk mewujudkan kost impian menjadi kenyataan! Para calon mahasiswa maupun profesional muda dapat memulai perjalanan rantau mereka dengan penawaran kost dari Cove dengan harga spesial mulai dari Rp1,9 juta saja, cocok bagi mereka yang masih memiliki bujet terbatas.

Dengan harga tersebut, para calon penghuni sudah bisa mendapatkan pengalaman nge-kost di co-living eksklusif dengan harga sewa yang sudah mencakup kamar siap huni dengan perabot lengkap, pembersihan mingguan, petugas kebersihan di setiap properti, personil keamanan, internet stabil, interior kamar yang menawan, serta akses strategis ke berbagai universitas, wilayah perkantoran, maupun titik-titik strategis lainnya di Jabodetabek, Bandung, Bali, dan Surabaya.

READ  Solusi Hemat Energi Dan Cerdas Dengan Produk Smart Home

Tidak hanya diskon sewa bulanan, kampanye ini juga menghadirkan promo spesial untuk pemesanan kamar harian, mempermudah akses akomodasi untuk keluarga atau kerabat dekat calon penghuni ketika mendampingi proses pindahan ke Cove.

Tidak sampai disitu, setiap calon penghuni yang melakukan pemesanan kamar bulanan selama periode kampanye akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan grand prize dengan nilai lebih dari Rp5 juta yang dapat menunjang keseharian mereka sebagai anak kost dari merek-merek ternama, seperti koper dari Baller, sepatu baru dari PUMA, beserta voucher diskon spesial dari Lalamove dan Halodoc.

Gen Z yang hendak memulai perantauan juga tidak perlu khawatir bakal kesepian, karena Cove akan menghadirkan berbagai aktivitas komunitas eksklusif menarik seperti olahraga, workshop gaya hidup, serta acara networking bagi para penghuni Cove untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan seru selagi membangun koneksi dengan sesama penghuni lainnya. Sudah siap hadapi dunia dan mewujudkan #dreamkostIRL versi kamu bersama Cove? Temukan lebih banyak kamar kost atau co-living impian di Cove.id. (*)

Artikel ini Disadur Dari Berita : https://propertyandthecity.com/cove-luncurkan-dreamkostirl-atasi-kekhawatiran-gen-z-saat-hendak-memulai-nge-kost/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *