RM.id Rakyat Merdeka – PT Visi Media Asia Tbk. (IDX: VIVA) dan PT Intermedia Capital Tbk. (IDX: MDIA) kompak mencatat kinerja solid pada Semester I 2025.
VIVA berhasil membalikkan kerugian tahun lalu dengan membukukan laba bersih Rp 1,19 triliun. Pendapatan tercatat Rp 477,9 miliar, sementara EBITDA Rp 32,8 miliar dengan margin 6,9 persen.
Total liabilitas perusahaan turun menjadi Rp 6,10 triliun dari Rp 7,28 triliun pada 31 Desember 2024. Ekuitas pun berbalik positif sebesar Rp 418,97 miliar, dari sebelumnya defisit Rp772,9 miliar.
“Restrukturisasi memberi ruang bagi VIVA untuk terus berinvestasi di konten, teknologi, dan pengembangan talenta. Kami berkomitmen menjaga kepemimpinan di televisi FTA dan memperluas jangkauan digital di era konvergensi media,” ujar Presiden Direktur VIVA Arief Yahya dalam Public Expose VIVA & MDIA di Bakrie Tower, Jakarta, Rabu (3/9/2025).
Baca juga : KAI Raup Pendapatan Rp16,8 Triliun Pada Semester 1 2025, Naik 1,5 Persen
Sementara itu, MDIA mencatat lonjakan EBITDA 92,6 persen menjadi Rp 85,4 miliar (margin 27,7 persen). Laba usaha naik tiga kali lipat menjadi Rp 60,8 miliar. Rugi bersih pun anjlok drastis menjadi Rp 11,4 miliar, dari Rp 235,2 miliar pada 2024.
Performa stasiun televisinya juga menggembirakan. ANTV naik peringkat ke Top 6 TV hiburan nasional dengan pangsa 5,9 persen, sedangkan tvOne konsisten sebagai TV berita nomor satu dengan audiens share 5,8 persen sepanjang Januari–Juli 2025.
Program unggulan seperti Apa Kabar Indonesia (Pagi, Siang, Malam) dan Catatan Demokrasi terus diminati. Breaking news tvOne pun mencetak rating tinggi, antara lain Sidang Isbat Ramadan (11,2 persen), tenggelamnya KMP di Selat Bali (9,4 persen), dan liputan banjir Jabodetabek (8,5 persen).
Lini digital juga terus berkembang. tvOneNews.com menempati peringkat keenam publisher berita online nasional dengan 473,5 juta pageviews (Jan–Jul 2025).
Baca juga : Siapkan Anggaran Rp 1,5 Triliun, Pemerintah Siap Borong 100 Ribu Ton Gula Petani
Channel YouTube tvOne sudah meraih 15,8 juta subscriber dengan total 1,4 miliar views. Portal Viva.co.id mencatat rata-rata 95,5 juta pageviews per bulan dari 30 subdomain partner.
ANTV juga tumbuh dengan 489,1 juta views YouTube (+5,1 persen yoy) dan jangkauan media sosial mencapai 105,4 juta unique visitors.
Semua ini didukung newsroom system terpadu tvOne, yang mencakup manajemen aset media, tools produksi, workflow, hingga distribusi multiplatform.
Optimisme Manajemen Manajemen VIVA dan MDIA menegaskan tiga pilar pertumbuhan ke depan: restrukturisasi keuangan, penguatan konten, dan ekspansi digital.
Baca juga : Bukan Sekadar Rp 100 Triliun
“Dengan fundamental yang solid, kami yakin tren positif ini berlanjut di Semester II 2025,” tegas Arief Yahya, optimistis.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.