RM.id Rakyat Merdeka – KSquare Mall, yang sebelumnya bernama Kepri Mall hadir dengan wajah baru berkonsep The Immersive Family Lifestyle di jantung Kota Batam. KSquare menggelar Tenant Gathering 2025, Jumat (12/9/2025).
Acara yang mengundang para calon penyewa dan para pebisnis retail nasional maupun lokal ini menjadi panggung temu bisnis antara pengelola, calon penyewa, pelaku kreatif, dan komunitas ritel.
Pertemuan ini bertujuan membuka peluang kurasi tenant lintas kategori yang siap menghidupkan pengalaman belanja imersif bagi keluarga modern, profesional, dan wisatawan lintas negara.
Lewat konsep baru, Ksquare mempercantik diri dengan merenovasi seluruh area dan fasilitas yang lebih nyaman.
Apalagi lokasinya sangat strategis, berada tepat di Jalan Sudirman yang merupakan area favorit bagi masyarakat dalam berkegiatan ataupun melepas penat.
Baca juga : Kaesang Bantah Isu Pembenturan, PSI Full Dukung Pemerintahan Prabowo
KSquare memiliki luas area atau NLA sebesar 30.000 dengan 130 unit toko, dipastikan KSquare akan menjadi tempat nongkrong, meeting bahkan menghabiskan waktu bersama keluarga.
Adapun tenant yang sudah bergabung diantaranya Champ Group yang merupakan first time store di Batam, dengan nama-nama besar seperti Croco, Bakso Malang Karapitan, Raa Cha, Gokana, Platinum.
Selain itu, KSquare dilengkapi dengan anchor tenant seperti KidZilla, Cinepolis, GOGO Supermarket, dan Funworld.
Tak ketinggalan, MAP Group memborong brand populer mereka untuk hadir di KSquare seperti Starbucks, Adidas, dan tenant lainnya.
“KSquare bukan sekadar tempat belanja, kami merancang beberapa zonasi. Semuanya dipadu immersive content dan acara tematik tiap pekan,” ujar Direktur PT Citra Buana Prakarsa, Jimmi Ho, dalam keterangannya, Sabtu (13/9/2025).
Baca juga : Menteri Ekraf Tutup HEXIA 2025, Perkuat Sektor Aviasi Dan Ekonomi Kreatif
Menurut Jimmi, strategi ini diselaraskan dengan ritme ekonomi Batam yang tengah menanjak, serta berkaca pada pertumbuhan sektor kreatif nasional yang menjadi lokomotif gaya hidup baru masyarakat urban.
“Dan kalau bicara bagaimana potensi dan daya tarik Batam, tidak hanya di sektor industri, sektor pariwisata juga sangat pesat. Sekitar 50 persen wisatawan asing yang datang ke Batam berasal dari Singapura, sehingga memberikan potensi belanja tinggi dengan trafik di tiap akhir pekan yang konsisten,” ujar Jimmy.
Menurutnya, peran Batam sebagai lokomotif kawasan semakin jelas jika melihat pertumbuhan ekonomi Kepri yang mencapai 5,02 persen di tahun lalu.
Didukung kurasi tenant berbasis data, atraksi kreatif berkelanjutan, dan sistem perizinan yang kian ringkas, KSquare menghadirkan platform komprehensif untuk mempercepat ekspansi brand sekaligus mengoptimalkan konversi penjualan.
Jimmi menambahkan, KSquare penting untuk sebuah brand atau tenant karena Batam penuh dengan arus wisman dari Singapura dan Malaysia, serta para komuter regional yang memicu lonjakan kunjungan saat akhir pekan dan periode gajian secara konsisten.
Baca juga : Kapolri Tinjau Gerakan Pangan Murah Di Kalsel, Dukung Penyaluran SPHP
“Di sinilah momen ideal untuk brand melakukan peluncuran produk terbaru, kolaborasi eksklusif, dan VIP experience,” ujar Jimmi.
Selain itu, pihak mall juga melakukan kurasi kategori menurut analisis area penjualan dan strategi penjualan berbasis acara. Misalnya modifikasi antara fesyen muda, tempat makan keluarga, edukasi sekaligus hiburan anak hingga klinik kecantikan.
“Kami juga menggandeng PT Retail First Indonesia mengundang sejumlah brand global, nasional, dan local heroes untuk membuka gerai dengan skema yang fleksibel,” pungkas Jimmi.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.