Potensinya Capai Rp 290 Triliun, BSI Incar Bisnis Halal Lifestyle

Nasional3 Dilihat



RM.id  Rakyat Merdeka – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terus memperkuat dukungan terhadap Islamic ecosystem terutama dari halal lifestyle, dengan menggelar BSI International Expo 2025.

Acara tersebut, bakal digelar di Jakarta International Convention Center (JICC) pada 26-29 Juni 2025, BSI menggandeng 90 brand fesyen ternama di Indonesia dan juga menghadirkan Glamlocal.

Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar mengungkapkan, ajang BSI International Expo 2025 digelar dalam rangka dukungan terhadap kemajuan ekosistem halal di Tanah Air.

Event ini melanjutkan sukses tahun lalu yang berhasil memfasilitasi para pelaku usaha UMKM dengan para buyer dari berbagai negara.

Baca juga : Gelar International Expo 2025, BSI Perkuat Industri Halal Di Pasar Global

“Serta, menjadi sinergi kolaborasi dari berbagai industry baik B2B (business to business), maupun B2C (business to customer) untuk pengembangan industri halal hingga mampu menembus pasar Internasional,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (18/6/2025).

Berdasarkan data halal Kemenperin jumlah sektor fesyen akan menduduki sektor tertinggi kedua, yang dikonsumsi di pasar Syariah Indonesia dan konsumsi industri halal Indonesia diperkirakan akan mencapai 330,5 miliar dolar AS di tahun 2025.

Wisnu menambahkan, Indonesia dengan populasi penduduk Muslim mencapai 87 persen atau sekitar 244 juta jiwa, maka fesyen Muslim menjadi sebuah bisnis yang cukup besar.

Per tahun 2024 belanja busana muslim di Indonesia sekitar Rp 290 triliun. Sementara pembiayaan fashion muslim di BSI masih sekitar Rp 10 triliun.

Baca juga : Hasil Penjualan Chelsea Rp50 Triliun Dipersoalkan

‘’Potensi kami mengembangkan industry ini sangat besar,” ujarnya. 

Wisnu mengatakan, hampir setiap pameran busana Muslim dari berbagai kelas ekonomi diramaikan pembeli. Apalagi sekarang busana Muslim juga mulai diminati kelas menengah atas sehingga pasarnya makin berkembang. Rata-rata bisnis busana Muslim masuk dalam kategori segmen ritel UMKM.

READ  PPATK Puji Kinerja Polri Berangus Judol

“BSI International Expo menjadi acara tahunan BSI, guna mendukung kolaborasi bagi para pelaku usaha,” ungkap Wisnu.

Khususnya, dalam mendukung halal ekosistem untuk bersama memajukan UMKM Indonesia naik kelas. Salah satunya, dilihat bahwa industry fesyen yang trennya terus meningkat karena memiliki segmen pasar khususnya wanita.

Baca juga : Ditawar Rp2,2 Triliun, Man United Ogah Lepas Bruno Fernandes

Tahun ini BSI Expo mengangkat tema ‘Engaging Indonesia in the Global Halal Industry’ yang melibatkan lebih dari 200 tenant terkemuka dari berbagai sektor termasuk brand fesyen ternama.

BSI International Expo juga menghadirkan UMKM Fashion yang tergabung dalam Glamlocal dengan anggota 6 ribu jastiper, serta produsen kosmetik halal yang akan juga memeriahkan expo ini.

Acara yang digelar empat hari ini, akan menjadi ajang mempertemukan berbagai segmen industry halal termasuk fesyen muslim yang trennya terus meningkat di Indonesia.

Brand fesyen yang akan hadir pada expo ini di antaranya Button Scarves, Benang Jarum, Heaven Lights, Hey Local, Ayu Dyah Andari, Vanilla Hijab, Vivi Zubedi, Zaskia Sungkar, Ria Miranda, Zaskia Mecca, Khanaan, Wearing Klamby, Aleza, Mandja, Hijab Chic dan brand-brand lainnya. 


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *