RM.id Rakyat Merdeka – Yayasan Pendidikan Pengembangan Perkopian (KAPPI), sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen membangun ekosistem kopi yang inklusif dan berkelanjutan menghadirkan aroma kopi khas di acara Paviliun Indonesia (Pavindo).
Pavindo hadir di World Expo 2025 Osaka Jepang sebagai etalase global bagi Indonesia dengan tema “Thriving in Harmony : Nature, Culture, Future.”
Pavindo memang tidak hanya menghadirkan pameran seni dan teknologi, tetapi juga membawa kopi sebagai bagian dari identitas budaya dan diplomasi ekonomi Indonesia.
Baca juga : KJRI Karachi Bawa Produk Indonesia Ke Hati Konsumen Pakistan
Pengunjung World Expo, sejak hari pertama, disambut dengan aroma khas dan cita rasa luar biasa dari kopi Indonesia.
KAPPI memperkenalkan Kopi Mandheling, Kopi Toraja dan Kopi Bali Kintamani yang tidak hanya menawarkan pengalaman rasa tetapi juga membawa cerita tentang petani, roaster, dan barista Indonesia yang berkontribusi dalam industri kopi yang lebih adil dan berkelanjutan.
Untuk semakin mengukuhkan posisi kopi Indonesia sebagai produk unggulan di pasar Jepang, KAPPI akan menggelar Business Forum bertajuk “Comeback with Confidence : Bringing Indonesian Coffee Back to the Heart of Japan” pada 19 Juni 2025 di Paviliun Indonesia (Pavindo), World Expo 2025 Osaka.
Baca juga : Gelar International Expo 2025, BSI Perkuat Industri Halal Di Pasar Global
Forum ini menjadi momentum strategis bagi industri kopi Indonesia untuk membangun kembali kepercayaan pasar dan memastikan kopi Indonesia kembali mendapat tempat di hati konsumen Jepang.
KAPPI juga memanfaatkan forum ini untuk menjalin kerja sama bisnis yang lebih kuat dengan mitra industri kopi Jepang serta menegaskan keunggulan kopi Indonesia dalam hal rasa, keberlanjutan dan nilai budaya yang khas.
Diskusi akan berfokus pada strategi pemulihan citra kopi Indonesia di Jepang serta membuka peluang investasi baru, sekaligus mendorong rantai pasok yang lebih hijau dan berkeadilan agar kopi Indonesia semakin berdaya saing tinggi di pasar internasional.
Baca juga : Kepala BPJPH Perkuat Peran Indonesia dalam Ekosistem Halal Global
“Kami percaya bahwa kopi Indonesia bukan hanya soal rasa, tetapi juga tentang cerita, nilai, dan keberlanjutan yang melekat padanya. Melalui forum ini, kami ingin membangun kepercayaan pasar dan membuktikan bahwa kopi Indonesia siap bersaing di tingkat global, khususnya pasar Jepang” ujar Roby Wibisono, perwakilan KAPPI pada Sabtu (7/6).
Dengan penyelenggaraan Business Forum dan kehadiran KAPPI di Pavindo, diharapkan kerja sama dagang dan investasi yang konkret dapat terwujud, membuka jalan bagi ekspansi kopi Indonesia di Jepang dan pasar internasional.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.