BTN Kembangkan Sayap, Bidik Ekosistem Industri Fesyen Indonesia

Nasional10 Dilihat



RM.id  Rakyat Merdeka – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPM) sukses menggelar ajang BTN Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, mulai 28 Mei hingga 1 Juni 2025.

Dalam ajang ini, pengunjung dipermudah dengan kehadiran Bale by BTN dan Kartu Debit BTN untuk transaksi pembayaran.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan bekerja sama dengan APPM dalam ajang IFW 2025 lantaran industri fesyen memiliki multiplier effect terhadap ratusan UMKM, yang menjadi salah satu kekuatan ekonomi negeri.

Tidak hanya itu, produk industri fesyen Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan brand-brand fesyen luar negeri yang sudah mendunia.

Nixon mengungkapkan, dukungan BTN terhadap IFW 2025 adalah salah satu cara memperkenalkan Bale by BTN kepada segmen yang lebih luas, yakni masyarakat yang dekat dengan dunia lifestyle modern.

“Kami berharap dengan menghadiri event Indonesia Fashion Week 2025 ini, nasabah dapat menikmati pengalaman berbeda dalam menikmati karya-karya terbaik para desainer ternama Indonesia,” ujar Nixon pada penutupan IFW 2025, di Jakarta, Minggu (1/6/2025).

Dia menambahkan, nasabah BTN Prioritas yang hadir juga akan mendapatkan penawaran spesial untuk transaksi pembelian brand fesyen dari berbagai desainer yang ikut di event ini.

Menurut Nixon, kehadiran BTN dalam IFW 2025 juga menunjukkan bahwa perseroan tidak hanya fokus pada pembiayaan perumahan.

Baca juga : Kembali Digelar, Sea Indonesia 2025 Ajang Kolaborasi Industri Kemaritiman

Namun juga, aktif mendukung ekosistem transaksi digital bagi pelaku usaha, khususnya di industri kreatif dan gaya hidup. Mulai tahun lalu, kata Nixon, BTN sudah mendukung pelaku industri fesyen Indonesia.

“BTN siap menjadi mitra finansial bagi para pelaku fesyen Indonesia, mulai dari permodalan, pengembangan usaha, hingga solusi perbankan lainnya yang relevan dengan kebutuhan industri ini,” tutur Nixon.

READ  Dibeberin Sri Mulyani APBN Tekor 31 Triliun Penerimaan Anjlok

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana mengatakan, IFW membuktikan bahwa industri fesyen dan pariwisata memiliki hubungan kuat. Keduanya menumbuhkan kreativitas, sekaligus mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

 “Dengan kolaborasi erat antara industri fesyen, pariwisata, dan komunitas lokal, saya yakin Indonesia dapat tumbuh sebagai magnet industri fesyen dan budaya di Asia Tenggara, membangun ekosistem yang inklusif, tangguh, dan berdaya saing global,” ujarnya. 

Sejumlah program dan promo menarik selama lima hari penyelenggaraan BTN IFW 2025, telah ditawarkan BTN. Di antaranya,.diskon hingga 30 persen dengan Bale by BTN dan Kartu Debit BTN untuk pembelanjaan produk fesyen dan food and beverages.

Dengan penawaran tersebut, transaksi yang berhasil dilakukan mencapai lebih dari Rp 4 miliar hingga hari terakhir, meningkat 50 persen dibanding IFW tahun 2024. Dari jumlah tersebut, Bale by BTN menyumbang sekitar 63 persen dari total transaksi tersebut.

Nixon memyebut, BTN melihat potensi besar pengembangan transaksi digital terkait fesyen selain kebutuhan gaya hidup lainnya yang tersedia di Bale by BTN, seperti pemesanan tiket, daily cleaning, dan layanan wellness.

Salah satu inisiatif BTN adalah integrasi dengan merchant fesyen yang tergabung dalam MAP Club, yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan akses eksklusif ke berbagai produk dan promo fesyen dari MAP Group melalui Bale by BTN.

Baca juga : SUN Energy Dan Bekasi Power Kembangkan Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Tidak hanya itu, selain menawarkan fitur lifestyle, Bale by BTN juga menyediakan fitur investasi untuk para penggunanya, seperti pembelian Reksadana dan Asuransi.

Hal ini memudahkan Nasabah BTN untuk berinvestasi untuk kebutuhan di masa depan hanya melalui 1 aplikasi yang mudah dan nyaman, yaitu Bale by BTN.

READ  Menag Imbau Umat Muslim Indonesia Tak Nekat Berhaji Tanpa Visa Resmi

Dengan integrasi ini, nasabah bisa lebih mudah menikmati berbagai penawaran fesyen favorit mereka langsung dari aplikasi, sehingga mendorong transaksi digital yang lebih luas.

“Kami berrharap pertumbuhan di segmen gaya hidup dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna Bale by BTN yang ditargetkan dapat mencapai sekitar 3,6 juta hingga 4 juta pada tahun 2025,” harap Nixon.

Selama kuartal I-2025, jumlah user Bale by BTN telah mencapai 2,4 juta, melonjak 76 persen year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun 2024.

Nilai transaksi di Bale by BTN selama tiga bulan pertama tahun ini tercatat mencapai Rp.22,3 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 492 juta.

Apresiasi Nasabah BTN Prioritas

Dihadiri oleh 200 desainer dan 200 tenant dari seluruh Indonesia, BTN IFW 2025 turut menjadi ajang apresiasi BTN terhadap para nasabah BTN Prioritas yang hingga April 2025, telah mencapai lebih dari 34 ribu.

Baca juga : Wapres Apresiasi Peran BINUS Kembangkan Talenta Digital Dan Ekosistem AI

Dia menjelaskan, dana pihak ketiga (DPK) yang bersumber dari nasabah BTN Prioritas telah menyumbang lebih dari Rp 35 triliun atau hampir 55 persen terhadap total DPK BTN.

Fund Under Management (FUM) yang merupakan total dana kelolaan Nasabah yang berasal dari produk Banking dan Wealth mencapai Rp 58,3 triliun di April 2025 atau meningkat sebesar 12 persen (year-on-year) dari posisi tahun lalu sebesar Rp51,9 triliun.

Sementara itu, terdapat peningkatan dana kelolaan Nasabah di product Wealth lebih dari 20 persen di April 2025 dari posisi tahun lalu (year on year).

Melalui BTN Indonesia Fashion Week 2025, BTN melalui BTN Prioritas akan membidik ekosistem industri fesyen melalui kolaborasi dengan APPMI yang beranggotakan ratusan designer terkemuka Indonesia.

READ  MedcoEnergi Bangun Generasi Peduli Lingkungan di Ujung Nusantara

Setelah penyelenggaraan BTN Indonesia Fashion Week 2025, BTN dan APPMI berikut mitra-mitra strategisnya akan terus meningkatkan kolaborasi positif untuk membentuk ekosistem yang kuat dengan solusi produk dan layanan dari BTN.

Sejumlah benefit and privilege dapat dinikmati oleh nasabah Prioritas melalui loyalty platform PLUS by BTN Prioritas yang juga tersedia di aplikasi Bale by BTN.

Nixon mengatakan, PLUS by BTN Prioritas telah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi baik dari dalam maupun luar negeri sebagai loyalty platform pertama di segmen priority banking.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah yang telah menjadikan BTN Prioritas sebagai mitra perbankan terpercaya dan penyedia solusi finansial menyeluruh yang hadir dengan berbagai program dan produk simpanan, investasi, dan proteksi, serta benefit and privilege khusus untuk melengkapi kebutuhan nasabah BTN Prioritas dalam setiap aspek kehidupan,” tutup Nixon.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *