Menurut riset Generasi Z akan mencakup seperempat populasi McKinsey & Company tahun 2022, kawasan Asia-Pasifik pada tahun 2025, dan memiliki daya beli global sekitar US$140 miliar pada tahun 2030. Sementara itu MarkPlus Indonesia menyebutkan Gen Z menjadi kelompok terbesar dalam populasi Indonesia tahun 2024, yaitu sebesar 89.054.000 penduduk atau 32% dari total 278.696.000 penduduk. Data juga menunjukkan bahwa Gen Z berkontribusi sebesar 35% terhadap total jumlah penduduk usia produktif di Indonesia, menjadikannya sebagai pasar utama bagi berbagai bisnis di negara ini.
baca juga, Pemerintah Siapkan Regulasi Baru untuk Perkuat Ketahanan Hunian terhadap Banjir
Meskipun banyak Gen Z yang telah memiliki penghasilan sendiri, namun saya masih beranggapan peran orang tuanya, yang merupakan Gen X, masih sangat berperan dalam menentukan pengambilan keputusan termasuk mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka. Hal ini saya coba amati di beberapa proyek perumahan yang menjual harga rumah di kisaran segmen Gen Z lebih kurang Rp800 jutaan sampai Rp1,5 miliaran. Data menunjukkan bahwa pembeli di usia Gen Z meningkat cukup tinggi. Berdasarkan data Indonesia Property Watch, pembeli di usia Gen Z terbilang masih tidak cukup banyak sebesar 17%, namun komposisi ini naik 2 kali lipat dalam 1 tahun terakhir.
Banyak calon konsumen Gen Z yang datang ke beberapa peluncuran produk rumah yang ditemani oleh orang tuanya. Tidak banyak, bahkan sedikit sekali yang datang sendiri atau dengan teman-temannya. Kentalnya budaya timur diperkirakan juga masih menjadi faktor penting keterlibatan orang tua dalam kehidupan anak-anaknya.
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah benar Gen Z ini membeli rumah dengan uang mereka sendiri? Apakah masih ada ‘bantuan’ dari orang tua mereka? Kondisi ini menjadi bahan diskusi yang menarik karena sangat berpengaruh terhadap strategi komunikasi proyek perumahan untuk menyasar murni Gen Z atau menyasar Gen Z melalui orang tuanya atau juga keduanya. Bagaimana dengan proyek Anda?.
#GenZ #pasarGenZ #konsumenGenZ #trenGenZ #perilakuGenZ #dayabeliGenZ #pasargemuk #generasiZ #targetpasarGenZ #generasimuda #trenkonsumen #perilakukonsumen #pasarpotensial #strategipemasaran #targetpasar #gayahidupGenZ #preferensiGenZ #pengaruhGenZ #risetpasarGenZ

Artikel ini Disadur Dari Berita : https://propertyandthecity.com/benarkah-gen-z-pasar-gemuk/